Sejarah Perkembangan Teknologi Komputer dari Masa ke Masa

Perkembangan Teknologi Komputer

Mengulas mengenai sejarah perkembangan teknologi komputer merupakan pendukung yang memudahkan pekerjaan manusia dalam proses perhitungan yang bersifat sistematis. Dimana keberadaannya dapat membantu untuk bidang ilmu matematika, kemudian fisika, kimia, bahkan untuk suatu perhitungan yang rumit maka komputer dapat membantu untuk memecahkannya. Sebenarnya, alat hitung manual atau sempoa sudah diciptakan di China beribu-ribu tahun yang lalu sebelum diciptakannya komputer. Namun, teknologi berkembang dengan pesat pada abad ke-19 dimana teknologi berkembang pesat di daerah Eropa dan Amerika Serikat akibat dari Renaissance maka hadirlah mesin hitung pertama komputasi yaitu Blaise Pascal atau bisa disebut sebagai kalkulator numerik.

Kemudian, disini akan diulas mengenai perkembangan teknologi komputer mulai dari pemakaian versi enam untuk generasi komputer pertama, juga sebagai komputer di masa depan sebagai komputer pertama diawali oleh kemunculan komputer – komputer yang bersejarah seperti misalkan ENIAC. Kemudian, adanya mesin Babbage yang memang tidak dimasukkan kedalam generasi komputer yang dimanapun.

Perkembangan Teknologi Komputer

Mengenai mesin ini, bisa dimasukkan menjadi pra diawal untuk kemunculan generasi komputer dari masa-kemasa, yang mana salah satunya diawali oleh jenis komputer ENIAC yang menjadi generasi pertama, di tahun 1941 sampai 1952 maka diciptakan komputer bernama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) oleh John Presper Eckert juga John W. ENIAC ini berukuran besar, sehingga memerlukan ruangan yang luas, kemudian sangat boros listrik juga kecepatan komputasinya sangat rendah. 

Setelah itu, muncullah komputer generasi kedua di tahun 1952/1956 sampai 1958, dimana ukuran komputer sedikit lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama ada beberapa bahasa pemrograman yang lahir di masa ini antara lain Common Business Oriented Language dan Formula Translator. Selain itu, komputer kedua ini belum ditemukan adanya sistem operasi yang memungkinkan. Kemudian, muncul komputer ketiga di tahun 1958 sampai 1970 yaitu IBM S/360 yang mampu memonitoring memori. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer maka muncul lagi berbagai jenis komputer sampai kepada era komputer generasi keenam yang merupakan era komputer masa depan. Dimana, komputer masa depan semakin canggih, juga semakin mudah digunakan, bahkan makin lebih menyatu dengan kehidupan manusia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *