Cara Memulai Usaha Sampingan di Desa

Usaha Sampingan di Desa

Mencari pekerjaan tambahan di desa tidak semudah mencari pekerjaan tambahan di kota. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan uang tambahan yaitu dengan membuka usaha sampingan. Kamu bisa menjalankan usaha sampingan tersebut sambil mengerjakan pekerjaan utama. Lantas, bagaimana cara memulai usaha sampingan di desa? Berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan:

Pilih Usaha Sampingan Sesuai Minat dan Kemampuan

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah mencari ide usaha sampingan yang sesuai dengan minat maupun kemampuan. Berikut ini beberapa contoh yang bisa dipilih:

  • Menjual pupuk dan alat pertanian

Sebagian besar masyarakat desa bekerja sebagai petani. Jika desamu juga demikian, maka usaha jualan pupuk dan alat pertanian bisa dipertimbangkan. Pupuk dan alat pertanian merupakan kebutuhan bagi para petani.

  • Budidaya jamur tiram

Jamur tiram sulit dibudidayakan di perkotaan karena lahan yang terbatas. Sedangkan di desa biasanya lahan untuk budidaya lebih luas. Jamur tiram merupakan jamur yang digunakan untuk bahan utama berbagai masakan lezat.

  • Jasa rias dan dekorasi pengantin

Jika kamu memiliki bakat merias, maka jasa rias dan dekorasi pengantin akan sangat menguntungkan. Memang hanya digunakan saat ada pernikahan saja, namun keuntungannya cukup besar. 

Contoh ide usaha sampingan lain yaitu jualan baju thrift, budidaya lele, membuat camilan lezat, dan lain sebagainya. Cari ide usaha yang memang cocok untukmu.

usaha sampingan di desa

Buat Rencana Bisnis

Setelah menemukan ide usaha yang tepat, selanjutnya kamu harus membuat rencana bisnis. Tentukan modal yang dibutuhkan, target pasar, dan cara pemasaran yang akan dilakukan. Semua harus dilakukan dengan cermat agar hasilnya memuaskan.

Manfaatkan Sumber Daya Gratis

Jika modal terbatas, kamu harus memanfaatkan semua sumber daya gratis. Contoh sumber daya gratis yaitu informasi yang ada di internet atau aplikasi yang bisa membantumu mengembangkan usaha. Keluarga yang membantu melakukan mouth of mouth marketing juga termasuk sumber daya gratis.

Itulah pembahasan mengenai cara memulai usaha sampingan di desa. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi ShopKey untuk membuat usaha tampak lebih terpercaya dan profesional. ShopKey sendiri merupakan aplikasi mobile berbasis e-commerce yang menawarkan banyak fitur. Salah satunya yaitu fitur etalase yang bisa kamu gunakan secara gratis. 

Kamu bisa memajang produk yang dijual dan memasarkannya melalui media sosial seperti Facebook. Tertarik menggunakan aplikasi ShopKey? Simak informasi lainnya di website www.goshopkey.com.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *